Thursday, 5 November 2015

LAPORAN VALIDASI KJP DI SEKOLAH SMAN 11 CAKUNG

Pendatan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di Sekolah SMA Negeri 11 Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia



                                    
I.  Bagian Awal

Kelas   : LA53
Dosen  : Siti Nadroh, S.Ag., M.Ag (D5684)
Waktu  : 30 Oktober 2015
Pukul   : 09.00-11.00 dan 12.30-13.30
Lokasi  : SMA Negeri 11 jakarta (Jl P Komarudin 1, Komp Pendidikan,Pulogebang,Cakung, Jakarta Timur 13950)
Tim yang Hadir :
Ketua              : Anastasia Caroline Tanasal (1701348022)
Anggota          :
1.DwikI (1701314570)
2.Happie Gradiraja (1701303554)
3. Puttu Willy Adhitya Nugraha (1701371870)
4.Hildegunda Fernandes (1701373680)
5.Katantri (1701290444)
Tim Yang tidak hadir : -







Berikut merupakan foto dari seluruh anggota tim bersama dengan bapak Dharman :
                                    
Keterangan foto dari kiri ke kanan :
11.      Anastasia Caroline Tanasal (1701348022)
22.      Katantri (1701290444)
33.      Hildegunda Fernandes (1701373680)
44.      Happie Gradiraja (1701303554)
55.      Putu Willy Adhitya Nugraha (1701371870)
66.      Pak Dharman Susilo
77.      Dwiki (1701314570)

II.                  Bagian Isi
Melanjutkan dari laporan mengenai pendataan validasi 8355 pada bagian awal, pada saat kami sedang melakukan pendataan 8355, bapak Dharman selaku penanggung jawab KJP dan staff tata usaha memberitahu bahwa total 31 siswa telah dikumpulkan di ruang perpustakaan yang siap untuk di wawancarai mengenai Kartu Jakarta Pintar. Tim kami yang terdiri dari Dwiki, Happie, Katantri, Putu, dan Hilde melakukan pembagian tugas untuk pendataan dan diberikan tanggung jawab masing-masing mengenai nama siswa yang nantinya akan di wawancarai. Sebelum kami melakukan wawancara, sebelumnya kami telah memberikan instruksi mengenai bagaimana cara pengisian angket. Kami pun memanggil siswa 1 per 1 untuk kami wawancarai. Tak sedikit dari mereka yang merasa ragu pada saat kami wawancarai, tetapi kami tetap mengarahkan mereka agar menjawab dengan jujur. Kami merasa bahwa memang lebih susah dalam mewawancarai seseorang yang beranjak dewasa di bandingkan dengan seorang anak-anak di karenakan anak-anak lebih spontan dan lebih jujur. Setelah selesai mewawancarai siswa penerima KJP dengan total 32 siswa dari 43 siswa, kami pun beristirahat sejenak. Pada saat sedang istirahat teman kami Anastasia meminta bantuan agar ada  orang yang membantunya dalam hal pendataan validasi pendidikan dan perbaikan UN. Setelah pendataan validasi pendidikan dan perbaikan UN selesai, selanjutnya kami mewawancarai penanggung jawab KJP sekolah yaitu bapak Dharman Susilo mengenai Kartu Jakarta Pintar. Wawancara dengan bapak Dharman berjalan lancer dan terlihat bahwa bapak Dharman sangat tenang dan santai dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan.

Berikut merupakan bukti telah melakukan pengisian KJP siswa di google docs :





Berikut merupakan bukti telah melakukan pengisian KJP sekolah di google docs :





Pengukuran kinerja yang sudah dilakukan :
Survey internal :
Menurut kelompok kami yang dapat dijadikan contoh pada pertemuan kali ini adalah setiap anggota kelompok dikarenakan semua sudah melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sangat baik. Selain itu semua telah bersemangat agar segalanya dapat terselesaikan dengan baik.
Survey Eksternal :
Evaluasi dari sekolah :
-          Apakah tim hadir tepat waktu sesuai yang dijanjikan ? Ya
-          Apakah tim berlaku sopan santun ? Ya
-          Apakah tim menggunakan atribut Mahasiswa (Jaket Almamater) ? Ya
-          Apakah tim menggunakan pakaian yang sopan ? Ya
-          Apakah semua tim yang hadir menjalankan tugas ? Ya
-          Jika ada tim yang hadir dan tidak menjalankan tugas, sebutkan nama dan alasan : -
-          Saran dari sekolah SMAN 11 Cakung :
Agar Kerjasama dari tim lebih ditingkatkan supaya hasilnya lebih maksimal

Berikut kami juga lampirkan Laporan Evaluasi Kegiatan di sekolah SMAN 11 Cakung :


                                       Lapangan dan Gedung Sekolah SMAN 06 Cakung

                                               
III.                Bagian Penutup
Hasil wawancara mengenai validasi data KJP dari pihak sekolah maupun para siswa telah kami isi ke dalam google docs dari link yang ada di website TFI. Jumlah anak penerima KJP di sekolah ini adalah 43 anak dimana kami hanya bisa mendata 32 siswa dikarenakan 11 siswa lainnya telah lulus SMA. Setelah kami melakukan pendataan KJP, dapat disimpulkan beberapa hal mengenai pendataan dan validasi KJP. Pertama, dari seluruh siswa yang kami data memiliki asset yang berbeda-beda setiap orang. Ada yang memiliki kendaraan,ada yang rumahnya milik sendiri, serta ada yang memiliki handphone diatas 1 juta. Selain itu, hampir semua dari mereka yang awalnya tidak tahu mengenai apabila dana tidak dipakai maka tidak akan hangus menjadi tahu setelah adanya wawancara ini. Selain itu kini mereka tahu bahwa Kartu Jakarta Pintar dapat digunakan untuk naik busway. Selain itu berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa setiap bulannya para siswa diminta untuk melaporkan dan mengumpulkan struk belanja yang pembayarannya menggunakan Kartu Jakarta Pintar. Selanjutnya yang akan kami lakukan adalah membuat makalah untuk penilaian selanjutnya.

No comments:

Post a Comment