Pendataan dan Validasi
Realisasi 8355, UN Perbaikan, Pendidikan di Sekolah SMA
Negeri 11 Jakarta dalam penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach
For Indonesia
I.
Bagian Awal
Kelas
: LA53
Dosen
: Siti Nadroh, S.Ag., M.Ag (D5684)
Waktu
: 30 Oktober 2015
Pukul
: 07.30-12.00
Lokasi
: SMA Negeri 11 jakarta (Jl P Komarudin 1, Komp Pendidikan,Pulogebang,Cakung, Jakarta
Timur 13950)
Tim
yang Hadir :
Ketua : Anastasia Caroline Tanasal
(1701348022)
Anggota :
1.DwikI (1701314570)
2.Happie Gradiraja (1701303554)
3. Puttu Willy Adhitya Nugraha (1701371870)
4.Hildegunda Fernandes (1701373680)
5.Katantri (1701290444)
Tim
Yang tidak hadir : -
Berikut merupakan foto dari seluruh anggota
tim bersama dengan bapak Dharman :
Keterangan foto dari kiri ke kanan :
11.
Anastasia Caroline Tanasal
(1701348022)
22.
Katantri (1701290444)
33.
Hildegunda Fernandes
(1701373680)
44.
Happie Gradiraja (1701303554)
55.
Putu Willy Adhitya Nugraha
(1701371870)
66.
Pak Dharman Susilo
77.
Dwiki (1701314570)
II.
Bagian Isi
Di semester 5 tahun pelajaran 2015/2016, seperti yang kita katakan
di laporan sebelumnya bahwa kami kembali mendapatkan mata kuliah CB
Professional Development dan kami kembali mendapatkan Project yang merupakan
bagian dari 30 jam kerja social yang wajib kami selesaikan sebagai syarat
kelulusan. Binus University yang bekerja sama dengan Teach For Indonesia kali
ini memberikan kami project melakukan validasi pendataan Kartu Jakarta Pintar
dan 8355. Untuk tugas kali ini kami mendapatkan sekolah SMA Negeri 11 Jakarta
yang beralamat di Jl P Komarudin, komp Pendidikan, Pulogebang, Cakung, Jakarta
Timur 13950 untuk kami data.
Sangat sulit untuk menemukan sekolah ini karena sekolah ini berada
di daerah yang tidak kami ketahui dan lokasinya sangat jauh dari lokasi Binus
Uniersity. Sebelumnya kami pun telah pernah kesekolah ini tetapi kami tetap
tidak mengetahui bagaimana cara agar dapat sampai disana. Akhirnya pada pukul
06.00 kami pun berangkat dari Binus University kampus Syahdan yang dipandu
dengan menggunakan google maps. Setelah 1,5 jam kami pun menemukan lokasi
sekolah. Setelah tiba disekolah tersebut, kami pun langsung menuju ke kantor kepala
sekolah untuk menemui kepala sekolah, akan tetapi pada saat itu kepala sekolah
tidak sedang berada di tempat dikarenakan sedang ada urusan lain di luar
sekolah sehingga kami di pandu dengan bapak Dharma Susilo selaku pegawai tata
usaha. Kami pun berdiskusi sekitar 30 menit sebelum akhirnya bapak Dharman
mengatakan bahwa sebelumnya kami disuruh menunggu untuk pendataan KJP siswa
dikarenakan harus meminta ijin kepada pihak guru BK. Setelah kurang lebih
menunggu 10 menit, kepala Tata Usaha yaitu Bapak Ayub memberikan kami data 8355
yang dimiliki sekolah. Sembari menunggu para siswa berkumpul, kami pun
melakukan pendataan 8355 terlebih dahulu. Pada saat 30 menit berlalu, para
siswa telah dikumpulkan oleh para guru. Setelah itu kami pun membagi tugas
dimana Anastasia melakukan pendataan 8355 sedangkan Dwiki, Katantri, Happie, dan
Hilde melakukan wawancara kepada para siswa untuk validasi data KJP.
Setelah Anastasia menyelesaikan pendataan 8355, Ia di bantu dengan
Dwiki melakukan pendataan validasi pendidikan dan perbaikan UN di ruang tata
usaha. Dwiki membantu dikarenakan pendataan KJP siswa telah selesai. Di ruang
tata usaha pula kami membagi tugas dimana Anastasia melakukan pendataan
validasi pendidikan dan Dwiki melakukan pendataan validasi perbaikan UN dibantu
dengan pak Ayub. Setelah selesai kami pun melanjutkan tugas kami yaitu
mewawancarai pihak sekolah mengenai validasi data Kartu Jakarta Pintar.
Untuk pendataan validasi 8355, pendidikan, dan perbaikan UN kami
sangat di mudahkan oleh pihak sekolah karena mereka dengan ramah membantu
memberikan informasi dan data yang akurat mengenai hal-hal yang perlu kami
data.
Berikut ini merupakan bukti pengisian di
google docs mengenai validasi pendidikan :
Berikut ini merupakan bukti pengisian di
google docs mengenai validasi perbaikan UN :
Berikut ini merupakan bukti pengisian di
google docs mengenai validasi 8355 :
Pengukuran kinerja yang sudah dilakukan :
Survey Internal :
Menurut kelompok kami yang dapat dijadikan
contoh pada pertemuan kali ini adalah setiap anggota kelompok dikarenakan semua
sudah melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sangat baik.
Selain itu semua telah bersemangat agar segalanya dapat terselesaikan dengan
baik.
Survey Eksternal :
Evaluasi dari sekolah :
-
Apakah tim hadir tepat waktu sesuai yang dijanjikan ? Ya
-
Apakah tim berlaku sopan santun ? Ya
-
Apakah tim menggunakan atribut Mahasiswa (Jaket Almamater)
? Ya
-
Apakah tim menggunakan pakaian yang sopan ? Ya
-
Apakah semua tim yang hadir menjalankan tugas ? Ya
-
Jika ada tim yang hadir dan tidak menjalankan tugas,
sebutkan nama dan alasan : -
-
Saran dari sekolah SMAN 11 Cakung :
Agar Kerjasama dari
tim lebih ditingkatkan supaya hasilnya lebih maksimal
Berikut ini kami lampirkan laporan evaluasi kegiatan di SMAN 11 Cakung :
Anastasia
dan Pak Dharman Susilo
Proses Validasi data UN Perbaikan dan Validasi Pendidikan di Ruang Tata Usaha
III.
Bagian Penutup
Ketua
kelompok kami telah menginput data 8355, validasi pendidikan, dan validasi pendidikan
8355 ke dalam google docs dari link yang ada di website TFI. Dari hasil
pendataan 8355 ada seorang siswa yang bernama Muhamad Divan Alana yang di dinas
terdata di dalam jurusan IIS sedangkan dari data sekolah, ia mengambil jurusan
MIPA. Setelah kami konfirmasi kepada pihak sekolah, ternyata Muhamad Divan
Alana memang mengajukan diri untuk menjadi murid jurusan MIPA dikarenakan ada 1
orang dari jurusan MIPA yang mengundurkan diri yaitu Zuelfiekar Akmil. Selain
itu dari jurusan IIS yang mengundurkan diri ada 2 orang yaitu Annisa Nurul dan
Maria Olivia. Data tersebut telah di input kedalam google docs.
Dari
kegiatan pendataan dan validasi data 8355 maupun data-data lain diperlukan
ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan yang
tidak diinginkan. Jumlah siswa yang namanya ada di Dinas Pendidikan namun tidak
ada di sekolah adalah 2 orang. Selanjutnya yang akan dilakukan adalah pendataan
validasi KJP yang akan kami lakukan pula pada hari ini.
No comments:
Post a Comment