Thursday, 5 November 2015

LAPORAN VALIDASI 8355, UN PERBAIKAN, DAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH SMAN 11 CAKUNG

Pendataan dan Validasi Realisasi 8355, UN Perbaikan, Pendidikan di Sekolah SMA Negeri 11 Jakarta dalam penerapan Mata Kuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia







I. Bagian Awal

Kelas   : LA53
Dosen  : Siti Nadroh, S.Ag., M.Ag (D5684)
Waktu  : 30 Oktober 2015
Pukul   : 07.30-12.00
Lokasi  : SMA Negeri 11 jakarta (Jl P Komarudin 1, Komp       Pendidikan,Pulogebang,Cakung, Jakarta Timur 13950)

Tim yang Hadir :
Ketua              : Anastasia Caroline Tanasal (1701348022)
Anggota          :
1.DwikI (1701314570)
2.Happie Gradiraja (1701303554)
3. Puttu Willy Adhitya Nugraha (1701371870)
4.Hildegunda Fernandes (1701373680)
5.Katantri (1701290444)

Tim Yang tidak hadir : -

Berikut merupakan foto dari seluruh anggota tim bersama dengan bapak Dharman :

                                   
Keterangan foto dari kiri ke kanan :
11.      Anastasia Caroline Tanasal (1701348022)
22.      Katantri (1701290444)
33.      Hildegunda Fernandes (1701373680)
44.      Happie Gradiraja (1701303554)
55.      Putu Willy Adhitya Nugraha (1701371870)
66.      Pak Dharman Susilo
77.      Dwiki (1701314570)


II. Bagian Isi

Di semester 5 tahun pelajaran 2015/2016, seperti yang kita katakan di laporan sebelumnya bahwa kami kembali mendapatkan mata kuliah CB Professional Development dan kami kembali mendapatkan Project yang merupakan bagian dari 30 jam kerja social yang wajib kami selesaikan sebagai syarat kelulusan. Binus University yang bekerja sama dengan Teach For Indonesia kali ini memberikan kami project melakukan validasi pendataan Kartu Jakarta Pintar dan 8355. Untuk tugas kali ini kami mendapatkan sekolah SMA Negeri 11 Jakarta yang beralamat di Jl P Komarudin, komp Pendidikan, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur 13950 untuk kami data.
Sangat sulit untuk menemukan sekolah ini karena sekolah ini berada di daerah yang tidak kami ketahui dan lokasinya sangat jauh dari lokasi Binus Uniersity. Sebelumnya kami pun telah pernah kesekolah ini tetapi kami tetap tidak mengetahui bagaimana cara agar dapat sampai disana. Akhirnya pada pukul 06.00 kami pun berangkat dari Binus University kampus Syahdan yang dipandu dengan menggunakan google maps. Setelah 1,5 jam kami pun menemukan lokasi sekolah. Setelah tiba disekolah tersebut, kami pun langsung menuju ke kantor kepala sekolah untuk menemui kepala sekolah, akan tetapi pada saat itu kepala sekolah tidak sedang berada di tempat dikarenakan sedang ada urusan lain di luar sekolah sehingga kami di pandu dengan bapak Dharma Susilo selaku pegawai tata usaha. Kami pun berdiskusi sekitar 30 menit sebelum akhirnya bapak Dharman mengatakan bahwa sebelumnya kami disuruh menunggu untuk pendataan KJP siswa dikarenakan harus meminta ijin kepada pihak guru BK. Setelah kurang lebih menunggu 10 menit, kepala Tata Usaha yaitu Bapak Ayub memberikan kami data 8355 yang dimiliki sekolah. Sembari menunggu para siswa berkumpul, kami pun melakukan pendataan 8355 terlebih dahulu. Pada saat 30 menit berlalu, para siswa telah dikumpulkan oleh para guru. Setelah itu kami pun membagi tugas dimana Anastasia melakukan pendataan 8355 sedangkan Dwiki, Katantri, Happie, dan Hilde melakukan wawancara kepada para siswa untuk validasi data KJP.
Setelah Anastasia menyelesaikan pendataan 8355, Ia di bantu dengan Dwiki melakukan pendataan validasi pendidikan dan perbaikan UN di ruang tata usaha. Dwiki membantu dikarenakan pendataan KJP siswa telah selesai. Di ruang tata usaha pula kami membagi tugas dimana Anastasia melakukan pendataan validasi pendidikan dan Dwiki melakukan pendataan validasi perbaikan UN dibantu dengan pak Ayub. Setelah selesai kami pun melanjutkan tugas kami yaitu mewawancarai pihak sekolah mengenai validasi data Kartu Jakarta Pintar.
Untuk pendataan validasi 8355, pendidikan, dan perbaikan UN kami sangat di mudahkan oleh pihak sekolah karena mereka dengan ramah membantu memberikan informasi dan data yang akurat mengenai hal-hal yang perlu kami data.

Berikut ini merupakan bukti pengisian di google docs mengenai validasi pendidikan :





Berikut ini merupakan bukti pengisian di google docs mengenai validasi perbaikan UN :



Berikut ini merupakan bukti pengisian di google docs mengenai validasi 8355 :







Pengukuran kinerja yang sudah dilakukan :
Survey Internal :
Menurut kelompok kami yang dapat dijadikan contoh pada pertemuan kali ini adalah setiap anggota kelompok dikarenakan semua sudah melakukan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sangat baik. Selain itu semua telah bersemangat agar segalanya dapat terselesaikan dengan baik.

Survey Eksternal :
Evaluasi dari sekolah :
-          Apakah tim hadir tepat waktu sesuai yang dijanjikan ? Ya
-          Apakah tim berlaku sopan santun ? Ya
-          Apakah tim menggunakan atribut Mahasiswa (Jaket Almamater) ? Ya
-          Apakah tim menggunakan pakaian yang sopan ? Ya
-          Apakah semua tim yang hadir menjalankan tugas ? Ya
-          Jika ada tim yang hadir dan tidak menjalankan tugas,
sebutkan nama dan alasan : -
-          Saran dari sekolah SMAN 11 Cakung :
Agar Kerjasama dari tim lebih ditingkatkan supaya hasilnya lebih maksimal

Berikut ini kami lampirkan laporan evaluasi kegiatan di SMAN 11 Cakung :







                                              Anastasia dan Pak Dharman Susilo 
               Proses Validasi data UN Perbaikan dan Validasi Pendidikan di Ruang Tata Usaha



III.             Bagian Penutup
Ketua kelompok kami telah menginput data 8355, validasi pendidikan, dan validasi pendidikan 8355 ke dalam google docs dari link yang ada di website TFI. Dari hasil pendataan 8355 ada seorang siswa yang bernama Muhamad Divan Alana yang di dinas terdata di dalam jurusan IIS sedangkan dari data sekolah, ia mengambil jurusan MIPA. Setelah kami konfirmasi kepada pihak sekolah, ternyata Muhamad Divan Alana memang mengajukan diri untuk menjadi murid jurusan MIPA dikarenakan ada 1 orang dari jurusan MIPA yang mengundurkan diri yaitu Zuelfiekar Akmil. Selain itu dari jurusan IIS yang mengundurkan diri ada 2 orang yaitu Annisa Nurul dan Maria Olivia. Data tersebut telah di input kedalam google docs.
Dari kegiatan pendataan dan validasi data 8355 maupun data-data lain diperlukan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Jumlah siswa yang namanya ada di Dinas Pendidikan namun tidak ada di sekolah adalah 2 orang. Selanjutnya yang akan dilakukan adalah pendataan validasi KJP yang akan kami lakukan pula pada hari ini.


No comments:

Post a Comment